Wednesday, October 17, 2012

Perkembangan Mobil


Perkembangan Mobil
Mobil pertama dalam sejarah manusia mempunyai Ketel Uap besar di bagian depan. Ketel uap tesebut berisi air yang akan berubah menjadi uap jika dipanaskan. Uap itu memberi tenaga kepada mesin yang menggerakkan mobil. Mobil tersebut dibuat oleh seorang dokter dari Perancis bernama Nicholas Cugnot pada tahun 1770. Kecapatan mobil ini kurang lebih 5 km/jam.

Dengan berkembangnya teknologi saat itu, tenaga uap kurang memuaskan. Orang mulai menggunakan  mesin yang lebih kecil dengan tenaga bahan bakar bensin sehingga mobil menjadi lebih ringan dan ramping.

Secara terpisah dua orang asal Jerman Gottlieb Daimler dan Kurl Benz mengembangkan kendaraan bertenaga bensin yang pertama.
Kurl Benz membuat mobil beroda tiga dengan tenaga bensin pada tahun 1886, sedangkan Daimler membuat mobil dengan empat buah roda menggunakan tenaga penggerak bensin pada tahun 1889.

Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1909 di Amerika Serikat, yaitu  Henry Ford menghasilkan sebuah mobil yang digerakkan dengan tenaga bensin dengan sistem pembakaran dalam.
Dalam perkembangan selanjutnya mobil ini terkenal sangat murah dan mudah dalam pengoperasiannya. Mobil ini diberi nama FORD MODEL – T dan manjadi popular di dunia dengan bukti terjual 15 juta unit mobil ke seluruh dunia. Inilah yang mengawali perkembangan industri otomotif di Abad modern, sehingga berkembang sampai sekarang ini.

0 komentar:

Post a Comment