Wednesday, October 17, 2012

Perkembangan Sepeda

Perkembangan Sepeda
Tahukah kamu seperti apa bentuk sepeda yang pertama ? Sepeda yang pertama kali digunakan oleh manusia tidak mempunyai kayuh sehingga pengendara harus menginjakkan kaki di tanah secara bergantian agar sepeda dapat berjalan.

Dengan berjalannya waktu orang mulai mengembangkan sepeda dengan memasang kayuh yang digantung pada tangkai yang dipasang di bawah batang kemudi, di sebelah kanan dan kiri. Orang tersebut adalah Kirk Patrick Macmillan dari Scotlandia dan sepedanya diberi nama Hobby Horse. Perhatikan gambar diatas


Di Perancis sepeda dikembangkan oleh Pierre Michaux dan putranya Ernest. Sepeda hasil rintisannya ini diberi nama Velocipede Michaux. Sepeda ini mempunyai kayuh yang dipasang langsung pada roda depan (Th 1861 ).

Velocipede tidak dapat melaju dengan cepat, kemudian orang membuat perubahan dengan memasang roda depan lebih besar seperti mata uang logam Inggris Penny – Farthing, sehingga dengan sekali kayuh dapat menggerakkan sepeda lebih jauh atau lebih cepat.

Pada awal tahun 1890-an pemasangan ger roda belakang dan rantai merupakan cikal bakal sepeda modern. Sepeda ini juga sudah menggunakan rem dan roda dari karet yang diberi nama Rover. Industri sepeda semakin melesat pada tahun 1898 ketika John Dunlop, seorang dokter hewan Belfast, memperkenalkan ban berisi angin. Inilah awal perkembangan sepeda.\Pada awal tahun 1890-an pemasangan ger roda belakang dan rantai merupakan cikal bakal sepeda modern. Sepeda ini juga sudah menggunakan rem dan roda dari karet yang diberi nama Rover. Industri sepeda semakin melesat pada tahun 1898 ketika John Dunlop, seorang dokter hewan Belfast, memperkenalkan ban berisi angin. Inilah awal perkembangan sepeda.



0 komentar:

Post a Comment